Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rencana Pelaksanaan Kegiatan RPK Penggalang Rakit

 RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

(RPK)

Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka dalam segala aspek kehidupan Kompetensi Dasar : 1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia A. Indikator Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui sejarah pramuka dunia 2. Siswa dapat mengetahui terbentuknya pramuka dunia 3. Siswa mampu menjelaskan sejarah pramuka dunia C. Materi Ajar 1. Sejarah kepramukaan dunia D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang sejarah pramuka dunia, di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan tentang sejarah pramuka dunia, yang telah dijelaskan tadi. - Pemberian permainan/game. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Siapa nama bapak pandu dunia? - Lahir di kota manakah bapak pandu dunia ? - Tuliskan sejarah singkat pramuka dunia ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 2 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka dalam segala aspek kehidupan Kompetensi Dasar : 1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia A. Indikator Mengetahui sejarah singkat pramuka di indonesia B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui sejarah pramuka di Indonesia 2. Siswa dapat mengetahui terbentuknya pramuka di indonesia 3. Siswa mampu menjelaskan sejarah pramuka di Indonesia C. Materi Ajar 1. Sejarah kepramukaan di Indonesia 2. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang sejarah pramuka di dunia, di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan tentang sejarah pramuka di Indonesia, yang telah dijelaskan tadi. - Pemberian permainan/game. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. 3. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 4. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Siapa nama bapak pramuka Indonesia? - Lahir di kota manakah bapak pandu Indonesia ? - Tuliskan sejarah singkat pramuka dunia ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 3 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka dalam segala aspek kehidupan Kompetensi Dasar : 1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat A. Indikator Menghafalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menghafal tri satya dan dasadarma 2. Siswa dapat mengetahui isi yang terkandung dalam trisatya dan dasadarma 3. Siswa mampu menjelaskan trisatya dan dasadarma C. Materi Ajar 1. Trisatya 2.. Dasadarma Pramuka D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang trisatya dan dasadarma pramukaa, di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan tentang trisatya dan dasadarma secara lisan, yang telah dijelaskan tadi. - Pemberian permainan/game. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes lisan : - Sebutkan bunyi dari trisatya ? - Sebutkan bunyi dari dasadarma pramuka? 3. Tes tertulis: - Disebut apakah janji dan kode kehormatan pramuka ? - Jelaskan maksud dari dasadarma yang ke 9 ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 4 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka dalam segala aspek kehidupan Kompetensi Dasar : 1.4 Mengamalkan Tri Satya dan dasadarma Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat A. Indikator Menghafalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menghafal tri satya dan dasadarma 2. Siswa dapat mengetahui isi yang terkandung dalam trisatya dan dasadarma 3. Siswa mampu menjelaskan trisatya dan dasadarma C. Materi Ajar 1. Trisatya 2.. Dasadarma Pramuka D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang trisatya dan dasadarma pramukaa, di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan tentang trisatya dan dasadarma secara lisan, yang telah dijelaskan tadi. - Pemberian permainan/game. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes lisan : - Apa yang kamu lakukan jika ada temanmu yang sedang kesusahan ? - Jika kamu melihat ada orang yang senang mengganngu orang lain, apa yang kamu lakukan ? 3. Tes tertulis: - Disebut apakah janji dalam pengertian kepramukaan ? - Jelaskan maksud dari dasadarma yang ke 10 ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 5 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang Kompetensi Dasar : 2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) A. Indikator Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri) B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui gerakan dasar PBB 2. Siswa dapat mempraktekan gerakan dasar PBB C. Materi Ajar 1. Peraturan baris berbaris ( PBB ) D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian PBB, dilanjutkan memberi praktek gerakan dasar dalam PBB. di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan sekitar PBB, yang telah dijelaskan tadi. - Praktek pelaksanaan gerakan PBB di lapangan bersama-sama. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes lisan : - Melakukan gerakan PBB, missal ( sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan … dll )? - Melakukan gerakan PBB jalan ditempat, langkah maju ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 6 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang Kompetensi Dasar : 2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB menggunakan tongkat A. Indikator Memperagakan gerak dasar dalam PBB menggunakan tongkat B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui gerakan dasar PBB menggunakan tongkat 2. Siswa dapat mempraktekan gerakan dasar PBB menggunakan tongkat 3. Siswa dapat mengetahui kegunaan tongkat dalam PBB C. Materi Ajar 1. Peraturan baris berbaris ( PBB ) D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian PBB, dilanjutkan memberi praktek gerakan dasar dalam PBB menggunakan tongkat, di sisipi dengan Tanya jawab yang interaktif. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan. - Pemberian pertanyaan sekitar PBB, yang telah dijelaskan tadi. - Praktek pelaksanaan gerakan PBB dengan tongkat di lapangan bersama-sama. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tongkat 6. Tali Pramuka F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan tingkah laku selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes lisan : - Melakukan gerakan PBB dengan tongkat , missal ( sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan … dll )? - Melakukan gerakan PBB sandang tongkat, depan tongkat ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 7 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang Kompetensi Dasar : 2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan A. Indikator Memperagakan upara penggalang di lapangan dengan benar B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui upacara pembukaan dan penutupan penggalang 2. Siswa dapat mempraktekan upacara pembukaan dan penutupan penggalang 3. Siswa dapat mengetahui manfaat upacara penggalang C. Materi Ajar 2. Peraturan baris berbaris ( PBB ) D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian upacara, tata cara upacara serta pelaksaan upacara penggalang. Pemilihan petugas upacara serta Pembina upacara. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan - Praktek pelaksanaan upacara pramuka penggalang di lapangan bersama-sama. 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tongkat/tiang bendera 6. Tali pramuka 7. Bendera merah putih F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes praktek : - Melakukan latihan upacara pramuka penggalang dari awal – akhir. Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 8 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore Kompetensi Dasar : 3.1. Mengetahui macam-macam SANDI A. Indikator Mengetahui macam-macam sandi dengan benar B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui berbagai jenis sandi dalam pramuka 2. Siswa dapat menuliskan sandi dengan benar C. Materi Ajar 1. Sandi-sandi D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian sandi, macam-macam sandi yang ada dalam pramuka. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan - Tanya jawab tentang sandi-sandi yang di ajarkan - Pemberian evaluasi tentang sandi yang telah diajarkan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes lisan : - Sebutkan macam-macam sandi yang kamu ketahui ? - Ada berapa macam sandi dalam pramuka ? 3. Tes tertulis : Ubahlah kata berikut ini “ PRAMUKA INDONESIA “ kedalam sandi , - Kotak I - Kotak II - Rumput Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 9 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore Kompetensi Dasar : 3.2. Mengetahui fungsi bendera Semaphore 3.3. Memperagakan bendera semaphore dengan benar A. Indikator Mengetahui fungsi bendera Semaphore Memperagakan bendera semaphore dengan benar B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui ukuran, macam dan fungsi bendera semaphore 2. Siswa dapat memperagakan bendra semaphore dengan baik dan benar C. Materi Ajar 1. Semaphore D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan latihan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian semaphore, ukuran, macam dan funsi dari semaphore. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan - Tanya jawab tentang bendera semaphore - Memperagakan gerakan dengan menggunakan bendera semaphore yang telah diajarkan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Bendera semaphore F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek , peragakan kata berikut ; - Meja - Kursi - Buku 3. Tes tertulis, ( dipratekan pimpas/ dewan kerja ) 2 soal. Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 10 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : 4. Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari 11. Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan Kompetensi Dasar : 4.1. Menggunakan pedoman kompas dengan benar A. Indikator Menggunakan pedoman kompas dengan benar Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui macam-macam kompar 2. Siswa dapat menggunakan kompas dengan baik dan benar 3. Siswa dapat menentukan arah mata angin dengan menggunakan kompas 4. Siswa dapat mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan 5. Siswa dapat menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan C. Materi Ajar 1. Kompas 2. Peta jelajah D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian kompas, macam-macam kompas, dan cara penggunaan kompas dengan baik dan benar. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan - Tanya jawab tentang kompas - Mempraktekkan menunjukkan arah dengan menggunakan kompas - Melakukan penjelasan tentang peta, macam-macam peta dan cara menggambarkannya - Melakukan penjelajahan sederhana di luar ( out door ) - Melakukan pengecekan hasil akhir penjelajahan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Kompas F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek; - Melakukan perjalanan kecil untuk pembuatan peta. 3. Tes tertulis, menyebutkan arah dari tempat : - Masjid - Makam - Sungai - Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 11 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah Kompetensi Dasar : 5.1. Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat 5.2. Membuat tandu dan kaki tiga A. Indikator Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat Membuat tandu dan kaki tiga B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui macam-macam simpul 2. Siswa dapat mengetahui macam-macam ikatan 3. Siswa dapat membuat tandu ( dragbar ) dan kaki tiga C. Materi Ajar 1. Tali temali ( peonering ) D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pengertian tali, macam-macam ikatan, dan kegunaan ikatan. Disele-sela diisi dengan lagu-lagu yang memberi semangat kepramukaan - Mempraktekkan macam-macam simpul dan ikatan - Membuat tandu (dragbar ) dengan manggunakan aiaktan pangkal dan jangkar - Praktek membuat ikatan kaki tiga 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tongkat pramuka 6. Tali pramuka F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek; - Buatlah simpul pangkal, jangkar, ganda ? - Buatlah dragbar sederhana ? - Buatlah anyaman simpul kaki 3 3. Tes lisan : - Sebutkan macam-macam simpul yang kamu ketahui ? - Sebutkan macam-macam ikatan yang kamu ketahui ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 12 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah Kompetensi Dasar : Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda A. Indikator Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui macam-macam simpul 2. Siswa dapat mengetahui macam-macam ikatan 3. Siswa dapat membuat tandu ( dragbar ) dan kaki tiga C. Materi Ajar 1. Tali temali ( peonering ) D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang macam-macam tenda, ukuran dan penggunaannya. Penjelasan tentang tempat dan cara-cara membangun tenda. - Mempraktekkan pendirian tenda 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tongkat pramuka 6. Tali pramuka 7. Tenda pramuka F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek; - Mendirikan tenda ? 3. Tes lisan : - Sebutkan macam-macam bentuk tenda yang kamu ketahui ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 13 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan Kompetensi Dasar : 6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah 6.2. Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah A. Indikator Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui macam-macam simpul 2. Siswa dapat mengetahui macam-macam ikatan 3. Siswa dapat membuat tandu ( dragbar ) dan kaki tiga C. Materi Ajar 1. Api unggun D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang sejarah api unggun, digunakan untuk apa dalam kegiatan pramuka. Penjelasan tentang tata cara upacara api unggun beserta manfaatnya. - Mempraktekkan upacara api unggun 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Kayu bakar/lilin 6. Korek api 7. Bamboo F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Bagaimana cara membuat api unggun ? - Apa manfaat/kaidah dalam upacara api unggun ? 3. Tes praktek : - Mempraktekan upacara api unggun ! Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/1 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 14 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : .Memahami tentang KIM/ identifikasi Kompetensi Dasar : 7.1. Mengidentifikasi bau, suara, raba, dan lihat A. Indikator Mengidentifikasi bau, suara, raba, dan lihat B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat membedakan sebuah benda dari bau maupun raba 2. Siswa dapat menggambarkan suasana dari suara maupun lihat C. Materi Ajar 1. KIM D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang macam-macam kim, manfaatnya. Penjelasan tentang penggunaan kim. - Mempraktekkan maca-macam kim yang telah diajarkan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Bahan-bahan KIM bau dan raba 6. Kertas gambar F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Sebutkan macam-macam KIM yang kamu ketahui ? - Apa manfaat dari KIM? 3. Tes praktek : - Mempraktekan KIM bau! - Mempraktekan KIM raba/sentuh! Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 15 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami cara membuat hasta karya Kompetensi Dasar : 8.1. Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas A. Indikator Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat membedakan sampah berguna dan tidak bisa dipakai 2. Siswa dapat membuat barang dari bahan bekas C. Materi Ajar 1. Hasta Karya Pramuka D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang macam-macam barang bekas yang berguna dan dapat digunakan untuk membuat barang yang bernilai seni tinggi dan laku dijual - Mempraktekkan membuat barang-barang dari bahan bekas 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Barang bekas 6. Gunting/cutter/pimes 7. dll F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes praktek : - Membuat hasta karya dari bahan yang kamu bawa ! Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 16 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka Kompetensi Dasar : 9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka 9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah A. Indikator Mengetahui lambang gerakan pramuka Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui lambang-lambang gerakan pramuka 2. Siswa dapat mengetahui kegunaan lambing-lambang pramuka 3. Siswa dapat mengetahui struktur organisasi kepramukaan 4. Siswa dapat mengetahui fungsi dan tugas pengurus/dewan kerja pramuka C. Materi Ajar 1. Lambang Gerakan Pramuka 2. Struktur kepramukaan D. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang lambing-lambang gerakan pramuka, penjelasan fungsi dari lambang pramuka. Penjelasan tentang lambing-lambang sederhana yang ada pada seragam pramuka. - Melakukan penjelasan tentang struktur organiasasi kepramukaan, pengurusnya serta tugas dan fungsi dari masing-masing pengurus 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. E. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Lambing pramuka F. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Jelaskan arti dari lambing tunas kelapa ? - Apa yang membedakan antar TKK dan TKU ? - Apa arti dari lambang pandu dunia ? - Sebutkan 10 macam lambang TKK wajib penggalang ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 17 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka Kompetensi Dasar : 10.1. Mengetahui arti musyawarah secara sederhana Indikator Mengetahui arti musyawarah mufakat secara sederhana A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui tata cara menyampaikan pendapat 2. Siswa dapat mengetahui cara bermusyawarah mufakat 3. Siswa dapat menghargai pendapat orang lain 4. Siswa dapat meentukan pilihan yang tepat dalam bermusyawarah B. Materi Ajar 1. Musyawarah dan mufakat Pramuka C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya musyawarah, penjelasan mengenai pengambilan keputasan yang tepat dan membentuk kelopmpok-kelompok untuk melakukan musyawarah mufakat - Pemberian masalah supaya ada penyelesaian dengan cara bermusyawarah mufakat 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Coba buatlah hasil musyawarah, jika akan mengadakan kegiatan perkemahan! Mulai dari hari dan tanggal sampai rincian biaya nya ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 18 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami definisi dan praktek P3K Kompetensi Dasar : 12.1 Mengetahui arti P3K 12.2. Mengetahui cara dalam praktek P3K 12.3. Memperagakan P3K dan PPSD Indikator : Mengetahui arti P3K Mengetahui cara dalam praktek P3K Memperagakan P3K dan PPSD A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui tata cara penangan P3K 2. Siswa dapat mengetahui bahan-bahan dan obat yang butuhkan untuk P3K 3. Siswa dapat mempragakan penangan P3K 4. Siswa dapat menolong/mempraktekan P3K dalam keadaan yang sebenarnya B. Materi Ajar 1. Pertongan pertama pada kecelakaan ( P3K ) C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya kesehatan untuk kehidupan dan kegiatan lainnya terutama untuk pramuka. Penjelasan tentang macam-macam kecelakaan yang perlu pertolongan pertama. Penhjelasan tentang manfaat pertolongan pertama pada kecelakaan dan melakukan praktek kegiatan P3K. - Pemberian masalah supaya ada kegiatan P3K 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Contoh obat-obatan 6. Perban 7. Tali dan tongkat E. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek : - apa yang kamu lakukuan jika ada teman kamu yang digigit serangga ? - Bagaimana cara untuk menolong orang yang sedang pingsan ? - Bagaimana cara mengangkat orang yang pingsan! Jika 1 orang? Jika 3 orang ? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 19 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami definisi jelajah alam dan out bound Kompetensi Dasar : 13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond 13.2. Mengetahui macam-macam jenis out bound Indikator : Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond Mengetahui macam-macam jenis out bound A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui tujuan dari jelajah 2. Siswa dapat mengetahui dasar melakukuan jelajah 3. Siswa dapat megetahui berbagai macam Out Bond 4. Siswa dapat memamainkan permainan out bond B. Materi Ajar 1. Jelajah alam dan Out Bond C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 4. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya jelajah dalam kepramukaan, penjelasan tentang dasar jelajah dan out bond. - Penjelasan tentang macam-macam out bond dan cara melakukannya dengan benar - Pemberian praktek melakukan out bond yang menantang, menarik dan menyenangkan 5. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tali dan tongkat 6. Lainnya yang digunakan E. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek : - Lakukan praktek out bond ( 5 macam out Bond )? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 20 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami definisi jelajah alam dan out bound Kompetensi Dasar : 13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana Indikator : Jelajah alam dan out bound sederhana A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui tujuan dari jelajah 2. Siswa dapat mengetahui dasar melakukuan jelajah 3. Siswa dapat megetahui berbagai macam Out Bond 4. Siswa dapat memamainkan permainan out bond B. Materi Ajar Jelajah alam dan Out Bond C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya jelajah dalam kepramukaan, penjelasan tentang dasar jelajah dan out bond. - Penjelasan tentang macam-macam out bond dan cara melakukannya dengan benar - Pemberian praktek melakukan out bond yang menantang, menarik dan menyenangkan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Tali dan tongkat 6. Lainnya yang digunakan E. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes Praktek : - Lakukan praktek out bond di alam ( 5 macam out Bond )? Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 21 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah Kompetensi Dasar : 14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah 14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar Indikator : Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui tujuan dari jelajah 2. Siswa dapat mengetahui dasar melakukuan jelajah 3. Siswa dapat megetahui berbagai macam Out Bond 4. Siswa dapat memamainkan permainan out bond B. Materi Ajar Lagu-lagu wajib dan daerah C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya nilai-nilai cinta tanah air lewat lagu-lagu wajib - Penjelasan tentang macam-macam lagu wajib yang perlu dan harus bisa dinyanyikan ( idonesia raya, dari sabang sampai merauke, garuda pancasila, dll ) - Pemberian praktek melakukan nyanyian lagu-lagu wajib - Pemberian bait lagu-lagu daerah yang sering diucapkan 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Buku lagu-lagu wajib dan daerah E. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes tertulis : - Tulislah judul lagu-lagu wajib yang kamu ketahui ? - Tulislah judul lagu-lagu daerah yang kamu ketahui pula ? 3. Tes praktik : - Menyanyikan lagu wajib ( Indonesia Raya dan padamu negeri ) ! - Menyanyikan lagu daerah ( yang kamu bisa ) ! Kriteria Penilaian : Skor: RLengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) Nama Pangkalan : Kelas / Semester : VIII/2 Golongan : Penggalang Rakit Pertemuan ke : 22 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi : Memahami makna bakti karya Penggalang Kompetensi Dasar : 15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang 15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa Indikator : Mengetahui makna bakti karya Penggalang Bakti karya Penggalang untuk desa dan sekitas A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengetahui arti bakti karya 2. Siswa dapat mengetahui manfaat dari bakti karya 3. Siswa dapat langsung mempraktekkan bakti karya B. Materi Ajar Bakti karya Penggalang C. Kegiatan Latihan/Pembinaan 1. Kegiatan Awal/Pembukaan Melakukan upacara pembukaan penggalang, dilanjutkan pemberitahuan materi yang akan diajarkan nanti. Pembacaan do’a sebelum dimulai kegiatan latihan. 2. Kegiatan Inti - Melakukan penjelasan tentang pentingnya bakti karya kepada pramuka - Penjelasan tentang macam-macam bakti karya yang dapat dilakukan didesa dan sekitarnya - Diberikan langsung praktek bakti karya yang benar dan tepat sasaran di masyarakat 3. Kegiatan Akhir Melakukan upacara penutupan kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan do’a. D. Sumber belajar 1. Buku panduan SKU 2. Buku Saku Pramuka 3. Lingkungan sekitar 4. Peluit 5. Alat-alat kerja bakti E. Penilaian 1. Dinilai sikap dan keseriusan selama proses pelaksanaan kegiatan 2. Tes praktik : - Melakukan bakti social di lingkungan madrasah dan sekitar ! Kriteria Penilaian : Skor: Lengkap 3 Kurang lengkap 2 Tidak lengkap 1 Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 -100 adalah sebagai berikut: Perolehan skor Nilai akhir = X skor 100 = …. Skor maksimum (5) Deli , Juli Mengetahui, Kepala Madrasah Pembina Pramuka H. Arya, S.Ag Hana, S.Pd NIP. NTA.
Gara
Gara Seorang Murid Yang Tak Pernah Pintar

Post a Comment for "Rencana Pelaksanaan Kegiatan RPK Penggalang Rakit"