Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mudah Menjaga Hati Agar Tetap Tenang

Hati adalah salah satu pemberian Tuhan yang sangat unik. Dia bisa membolak balik semaunya dan sulit kita kendalikan. Ada yang mendefinisikan hati adalah segumpal darah. Namun yang dimaksud menjaga hati di sini adalah menjaga perasaan. Karena itu seni bagaimana cara yang mudah untuk menjaga hati agar tetap tenang sangat diperlukan.
Sudah banyak teori yang dikemukakan bagaimana cara menjaga hati agar tetap tenang. Banyak juga buku yang membahasnya. Di sini akan dipaparkan cara menjaga hati dengan mudah dan siapapun bisa mempraktekkan. Baiklah kita mulai saja.

Cara mudah Menjaga Hati Agar Tetap Tenang

1. Luangkan waktu untuk introspeksi diri

Sisihkan waktu sekitar setengah jam atau 30 menit untuk mengingat ingat apa yang telah kita lakukan seharian ini. Lakukan ini saat suasana tenang, biasanya waktu malam hari sebelum tidur. Selain bisa menjaga hati tetap tenang, cara mudah ini juga bisa melihat dan mengakui kesalahan yang telah kita buat. Bukankah dengan mengakui kesalahan sendiri juga bisa membuat hati tenang? Tidak munafik dan selalu bersembunyi dari sendiri.

2. Bersyukur atas semua nikmat sekecil apapun itu

Sering kita terlalu sering mengeluh. Selalu merasa kekurangan. Sehingga banyak nikmat-nikmat Tuhan yang kita lupakan. Padahal orang yang tidak bisa bersyukur tidak akan mempunyai hati tenang. Dia tidak tahu bagaimana caranya agar hidupnya bahagia. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita syukuri. Pernahkah Anda membayangkan bila salah satu kaki Anda diamputasi sehingga Anda hanya mempunyai satu kaki? Bayangkan itu atau lihatlahlah mereka yang kakinya tidak sempurna. Mau dan sanggupkan Anda menjalani hidup seperti mereka? Tentu Anda akan berpikir seribu kali untuk menjawabnya/ Karena itu jangan menunggu kaki kita diamputasi untuk sering mengucapkan syukur bahwa kaki kita normal dan lengkap. Demikian juga nikmat-nikmat lain yang kita anggap biasa saja dan baru terasa saat kita kehilangan. Bersyukur adalah cara mudah menjaga hati kita tetap tenang dan tidak terlalu menuntut.

3. Beranilah untuk tawakal atau pasrah

Dulu kita tidak pernah minta agar dihidupkan di dunia ini. Tuhan telah memilih kita dan di sinilah kita sekarang. Artinya mau tidak mau kita harus mampu menjalani hidup ini dengan sukses dan bahagia. Apalagi kalau sudah berkeluarga, kita mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menghidupi, melindungi dan membahagiakan mereka. Sering masalah datang bertubi-tubi dan terasa sangat berat. Sering kita merasa hampir tak sanggup menanggungnya lagi. Bahkan banyak contoh orang-orang yang tak bisa menjaga hati mereka agar tetap tenang, mereka lalu memilih jalan bunuh diri. Jadi sebaiknya cara berpikirnya begini : sudah terlanjur hidup ya berani dan nekat saja. Saat semua tersa buntu dan gelap pasrahkan saja pada Yang Menghidupkan  kita. Tak usah berpikir apa-apa lagi, biar Dia yang mengurus semuanya. Dengan begitu hati kita bisa tetap tenang dan tidak terlalu cemas.

4. Percaya bahwa kita adalah makhluk pilihan Tuhan

Di atas sudah disinggung bahwa kita tidak pernah berpesan agar diturunkan ke bumi. Dialah yang dengan sengaja melakukannya. Tapi Dia tidak asal-asalan. Dia menghidupkan dan menurunkan kita ke bumi karena kita lulus seleksi sebagai ruh atau jiwa pilihan. Banyak sekali ruh-ruh yang tidak jadi diturunkan ke bumi. Atau sudah ada di alam rahim namun tidak berhasil lahir ke dunia ini.Maka sudah sepantasnya bial mudah bagi kita menemukan cara tetap menjaga hati tenang karena kita bukan makhluk sembarangan. Belum lagi peran kita sebagai khalifah atau pemimpin di bumi ini. Malaikat saja tingkatannya masih di bawah kita.

5. Sadarilah bahwa kecemasan yang berlebihan bisa membunuh kita

Ada tulisan : Merokok membunuhmu. Bisa benar bisa salah. Yang paling benar adalah bila kita terlalu cemas maka akan mengakibatkan depresi. Depresi bila sudah akut akan berujung pada kematian. Sebenarnya ada yang lebih menyengsarakan daripada kematian, yaitu menjadi gila, edan, tidak waras atau sinting. Kecemasan yang berlebihan adalah indikator bahwa seseorang tidak tahu cara bagaimana menjaga hati agar tetap tenang. Namun dengan mengetahui resikonya tersebut diharapkan kita bisa segera sadar. Sadar bahwa Tuhan melahirkan kita ke dunia ini bukan untuk cemas, tapi diberi kedudukan tinggi agar bisa hidup bahagia di dunia dan akherat nanti.

Demikian sedikit tulisan mengenai cara mudah menjaga hati agar tetap tenang. Tulisan ini dibuat karena rasa prihatin melihat zaman makin ke sini makin banyak orang yang galau dan cemas tanpa tahu penyebab dan solusinya. Mudah-mudahan bermanfaat. Mari kita berdiskusi di kolom komentar. 

Post a Comment for "5 Cara Mudah Menjaga Hati Agar Tetap Tenang"